Saya adalah salah satu mahasiswa PGSD Universitas Jember. Saya berasal dari sebuah keluarga yang sederhana. Ayah saya hanyalah seorang kuli bangunan dan ibu saya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa. Saya merupakan anak pertama dari dua bersaudara.
Saya pertama kali mengenyam pendidikan formal pada saat usia saya 5 tahun yakni di sebuah taman kanak-kanak di dekat rumah saya. Akan tetapi selain pendidikan formal, di rumah saya juga mendapatkan pendidikan agama yakni mengaji. Karena bagi keluarga saya, pendidikan formal saja tidak cukup, jadi harus dibarengi dengan pendidikan hati yaitu keagamaan. Setelah itu, tepatnya 2 tahun kemudian saya melanjutkan pendidikan saya di sebuah sekolah dasar negeri. Pada waktu duduk di kelas 1, 2, dan 3, alhamdulillah prestasi saya cukup bagus, karena saya selalu mendapatkan peringkat 3 besar di kelas. Akan tetapi prestasi tersebut tidak saya dapatkan secara cuma-cuma, melainkan karena saya giat belajar dan berlatih mengerjakan soal, selain itu peran orang tua juga sangat mempengaruhi. Ibu saya selalu mendampingi saya saat belajar, jadi apabila saya mengalami kesulitan dalam belajar, ibu saya selalu siap membantu. Namun sayang pada waktu naik ke kelas 4, prestasi saya sempat menurun. Entah mengapa bisa demikian, mungkin karena saya terlalu menyepelakan pelajaran karena sudah merasa cukup puas dengan prestasi yang sudah saya dapatkan.
Kemudian pada saat saya duduk di kelas 5 SD, keluarga saya pindah rumah, jadi otomatis saya pun juga harus pindah sekolah. Saya merasa cukup nyaman tinggal di rumah saya yang baru, karena selain jarak sekolah yang lebih dekat dengan rumah saya, saya juga tetap bisa mengaji di sini dan teman-teman saya yang baru juga tidak kalah baik hatinya dengan teman-teman saya yang dulu. Dan di sekolah yang baru, saya mulai menyukai pelajaran yang awalnya sangat saya benci. Hal tersebut terjadi karena di sini saya bertemu dengan guru yang sangat baik dan menyenangkan dalam menyampaikan materi pelajaran, khususnya matematika. Selain itu, alhamdulilah di sekolah yang baru ini prestasi saya mulai kembali meningkat, bahkan lebih baik dibadingkan dengan yang dulu. Selain saya selalu mendapatkan peringkat 3 besar dalam kelas, saya juga pernah mendapatkan juara lomba cerdas cermat walau hanya ditingkat kecamatan. Awalnya sebelum pindah rumah, saya sempat pesimis saya tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mungkin selain karena prestasi saya yang semakin menurun, hal yang menjadikan saya pesimis adalah mengenai biaya pendidikan yang cukup mahal bagi keluarga saya. Akan tetapi semenjak prestasi saya kembali membaik, saya dan keluarga menjadi lebih optimis untuk tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sedangkan mengenai biaya, saya akan berusaha meminta keringanan kepada pihak sekolah. Alhamdulillah Allah mengizinkan saya, dan akhirnya saya diterima di salah satu SMP Negeri yang jaraknya tidak jauh dari rumah saya, sehingga tidak perlu menambah biaya transportasi.
Di SMP, saya berusaha dan berdo’a agar prestasi saya tidak menurun bahkan kalau bisa justru bertambah baik. Pada awalnya saya merasa cukup pesimis melihat teman-teman saya yang hampir semuanya mengikuti les-les tambahan agar bisa mendapatkan nilai yang baik. Akan tetapi syukur Alhamdulilah, Allah mendengar do’a saya, walaupun saya tidak mengikuti les, karena saya tidak memiliki cukup biaya untuk les tambahan tersebut, di SMP saya selalu mendapatkan peringkat 3 besar di kelas. Selain itu saya juga sering mengikuti lomba-lomba akademik, khususnya dibidang matematika walaupun tidak pernah juara, tetapi bagi saya itu adalah pengalam yang cukup berharga yang mungkin tidak semua orang bisa rasakan. Dan mungkin karena itu semua, saya sempat mendapatkan les gratis dari guru matematika saya dari mulai kelas 7 sampai lulus dan juga dari guru bahasa Inggris saya dari mulai kelas 8 sampai lulus. Tidak hanya cukup sampai di situ, Allah juga memberikan nikmat yang sangat luar biasa, karena pada saat kelulusan saya mendapatkan nilai terbaik nomor 2 di sekolah. Hal tersebut menjadikan saya lebih bersemangat untuk tetap melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA. Akan tetapi perlu diketahui bahwa semua itu tidak saya peroleh secara cuma-cuma,melainkan dengan penuh usaha dan tawakal, dan tidak lupa mengutamakan kejujuran.
Setelah saya lulus SMP, kemudian saya melanjutkan ke tingkat SMA yang jaraknya cukup jauh dari rumah saya, dan hal tersebut cukup menjadi kendala bagi saya. Karena di rumah saya tidak ada angkutan umum, dan ayah saya juga tidak memiliki kendaraan yang bisa saya gunakan untuk berangkat ke sekolah. Akhirnya saya harus mencari tumpangan setiap hari untuk bisa berangkat ke sekolah. Dan Allah memang sangat baik, Beliau memberikan saya seorang teman yang sangat baik hati yang selalu mau memberi tumpangan kepada saya. Di SMA, prestasi saya tidak sebegitu baik seperti pada waktu di SD atau SMP. Saya hanya bisa mendapatkan peringkat 10 besar di kelas. Akan tetapi saya tetap bersyukur kepada Allah karena saya masih masuk 10 besar, dan saya tetap menjunjung tinggi nilai kejujuran. Karena bagi saya kejujuran itu adalah segalanya. Akhirnya di SMA saya mencoba mencari pengalaman baru, sekaligus belajar berbisnis kecil-kecilan  dengan mencoba menjual jajanan di sekolah. Mungkin untuk pertama kali saya merasa malu, akan tetapi lama kelamaan saya menjadi terbiasa. Tidak hanya berjualan jajanan, pada waktu duduk di SMA, saya juga pernah diminta menjadi guru les kecil-kecilan oleh tetangga saya. Dan saya menerima tawaran tersebut, karena secara tidak langsung saya juga bisa berlatih mengajar.

Akhirnya setelah 3 tahun duduk di bangku SMA, akhirnya saya lulus. Sebenarnya pada awalnya, saya tidak begitu berharap bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi karena melihat keadaan ekonomi keluarga saya. Akan tetapi, alhamdulillah ternyata Allah memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui jalur Bidik Misi, sehingga saya bisa duduk di sini, di kampus tercinta. Universitas Jember.

0 komentar:

Posting Komentar

 
MAANYAN © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top