Saya adalah seorang anak pertama dari dua bersaudara dari keluarga yang berkecukupan dari daerah Timur. Cita-cita saya sejak kecil yaitu menjadi seorang guru yang dapat mengajar dan mendidik anak-anak bangsa untuk menjadi cerdas dan berwawasan. Dengan segala keterbatasan ekonomi, ayah saya bersusah payah dan bekerja keras untuk membiayai sekolah saya hingga ke jenjang Perguruan Tinggi. Saya pernah sekolah di Taman Kanak-kanak negeri di daerah saya, disana saya mulai mengenal huruf dan angka. Lalu saya melanjutkan ke Sekolah Dasar negeri di daerah saya, disana saya mulai menata cita-cita saya untuk menjadi seorang guru. Sekolah Menengah Pertama negeri saya juga di daerah saya, banyak hal yang saya dapat dari sekolah tersebut. Sekolah Menengah Atas saya pun juga di daerah saya yang tak cukup jauh dari rumah saya, dari sana guru-guru mengantarkan saya ke Universitas Jember dengan segala bimbingan dan motivasi.
Ayah saya selalu memotivasi dan menasihati saya dalam hal memilah-milih masa depan apa dan bagaimana yang baik untuk saya. Semua hal yang saya senangi dan membuahkan hal yang positif, selalu beliau dukung. Termasuk dalam hal memilih perguruan tinggi dan program studi yang sesuai untuk saya. Di samping itu, saya memiliki adik perempuan yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Selain ingin mencerdaskan anak bangsa, saya juga ingin menyekolahkan adik perempuan saya hingga sukses dan membantu ekonomi keluarga. Untuk itu, saya bertekad menjadi seorang guru yang dapat mencetak anak bangsa menjadi seseorang yang bermanfaat bagi negara.
Saya memilih Universitas Jember karena letaknya yang dekat dengan daerah saya, memiliki segudang prestasi, dan sejak awal saya ingin sekali menjadi mahasiswa di Universitas Jember. Alasan pertama saya memilih program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yaitu keinginan ibu saya melihat putrinya menjadi guru Sekolah Dasar. Kedua, karena saya menyenangi anak-anak dan saya pikir program studi tersebut tergolong program studi yang menyenangkan untuk dipelajari. Sebab, semua mata pelajaran akan dipelajari dan diajarkan konsep-konsep untuk dapat mengaplikasikan pada anak SD. Ketiga, karena lapangan pekerjaan untuk guru Sekolah Dasar sangatlah luas. Di pelosok-pelosok desa masih sangat membutuhkan beberapa guru untuk dapat mengajar di Sekolah Dasar.
Tentu saja, hal tersebut di atas sangat memacu saya untuk memilih belajar dan mendalami program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Saya sangat bersyukur dapat diterima di Universitas Jember dan dapat masuk program studi sesuai harapan saya dan orang tua saya.
Saya berharap menjadi mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik, memperoleh nilai IP yang memuaskan, serta mengikuti organisasi kemahasiswaan dengan bertanggung jawab. Dan juga menjadi Sarjana Pendidikan yang berkualitas, berilmu dan memiliki budi pekerti yang tinggi terhadap pendidikan, menjadi PNS dan Guru untuk mengabdikan dan memajukan negara dan yang tak kalah pentingnya yaitu membanggakan kedua orang tua dan keluarga saya

‘.

0 komentar:

Posting Komentar

 
MAANYAN © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top